undefinedundefined
Mengenal MLM
Apakah MLM itu?
![]() |
System Pembayaran Bonus |
Sesungguhnya setiap aktivitas ekonomi manusia merupakan proses
penjualan langsung, setidaknya dalam memasarkan diri sendiri. Produk
utamanya adalah keterampilan dan keahlian. Sebagai contoh, seorang GURU
menjual kebisaannya menyampaikan ilmu pengetahuan dan keterampilan
kepada para murid. Para murid, melalui orang tua atau wali, membayar
produk itu kepada “sekolah” tempat sang guru memasarkan produknya.
Demikian pula para karyawan perusahaan, tukang kayu, tukang batu,
dokter, advokad, tentara, polisi dan lain-lain pekerja profesional,
sebenarnya “menjual diri” kepada konsumen masing-masing. Dengan demikian
pendidikan (dalam hal ini sekolah) merupakan proses “kulakan” ilmu
pengetahuan dan keterampilan untuk nanti dijual sebagai sumber mata
pencaharian.
Lalu bagaimana dengan MLM? Sebenarnya sama saja. Ada penjual ada
pembeli. Perbedaannya adalah, pada sistem MLM penjual (member) mencari
pelanggan kemudian merekrutnya menjadi member (sebagai frontline) lalu
melatih frontline itu untuk mencari pelanggan dan merekrutnya menjadi
member demikian seterusnya dengan proses yang dikenal dengan istilah
DUPLIKASI. Penjual dalam MLM (member) tidak harus membawa-bawa produk
sambil keliling mencari pembeli, karena proses transaksi biasanya
dilakukan di agen (stokis) terdekat. Ilustrasinya seperti gambar
berikut.
Karena member (penjual) dari suatu MLM tidak selalu membawa-bawa
produk, maka biasanya mereka membekali diri dengan katalog atau buku
produk. Oleh karena itu setidaknya ada 3 pembeda antara pelaku bisnis
MLM dengan penjual konvensional, yaitu:
- Komunikasi interaktif (timbal-balik) antara member (penjual) dengan calon pembeli (pelanggan) tentang kualitas produk yang dipasarkan
- Pengetahuan penjual MLM tentang produk yang dipasarkan lebih baik dibandingkan dengan penjual sistem lain
- Keuntungan yang diterima penjual MLM terdiri atas dua hal, yaitu bonus yang dibayar oleh perusahaan dan rabat keuntungan. Bonus dibayarkan atas omset yang diciptakan member dan jaringannya untuk perusahaan. Rabat penjualan adalah selisih harga antara harga member dengan harga konsumen non member.
![]() |
Bergabung Sekarang |
0 komentar anda:
Posting Komentar